Kamis, 17 Maret 2011

aku, si bungsu, yang teraniaya

temenku dulu bilang gini aku, "enak pek jadi anak bungsu! dimanja! opo-opo mb mas e sing ngalah. iri pek." lah jare sopo rek?

tak taukah kalian bagaimana tersiksanya aku dulu, sebangai anak bungsu, dan mempunyai 2 abang? hell no.
dulu aku suebel banget sama mereka. nuruh inilah itulah. digangguin mulu. dan mereka baru puas kalau aku sudah nangis. musti bilang kalo aku ini bukan anaknya mama.

bang anes bang eja: "he ter, kamu bukan adekku loh. kamu bukan anak e mama. mbiyen kamu tak pungut di tempat sampah sebelahnya kandang monyet yang di kebun binatang surabaya iku"

aku: (mulai mewek) "mbujuk!"

abang2: "yo wes lek ga percaya. tanya mama loh"

saking bodohnya aku dulu, aku ya percaya aja dibilang gitu. meski disuruh tanya, aku ga berani. aku ga siap kalo misalnya ternyata aku bener bukan anak mama. takutnya nnati aku malah diusir gitu. alhasil aku cuma bisa ngemo-ngemo di pojokan kamar sambil meratapi nasib kenapa aku punya 2 abang macam mereka.

dan aku makin teraniaya kalau misalnya 2 abang saya itu berkumpul sama sepupu saya. gila. super. saya seperti mainan mereka. dan rasanya ga puas gitu kalau sehari aja ga bikin aku nangis. contohnya kayak kak sela. dulu aku benci banget sama kakakku yang satu ini karena musti dia nyembunyiin "si busuk". "si busuk" itu bonekaku dari jaman orok (lebay) dan emang uda ge berbentuk sih. pokonya juelek makanya dipanggil si busuk. itu boneka kesayanganku yang kemana-mana musti aku gondol. makanya kalo uda ke rumah kak sela, musti setiap beberapa jam boneka ku ilang. tentu saja disembunyikan oleh kak sela yang sudah berkomlotan dengan bang anes dan bang eja. dan karena dulu masih kecil, jurus pamungkasku adalah nangis sekenceng-kencengnya sampai satu rumah bising dengernya. hohoho and i win! mereka dipaksa mama ngembaliin bonekaku. tapi kemenanganku hanya sementara. beberapa jam berikutnya pasti uda ilang lagi tuh boneka.

sama aja kalo misalnya ngumpul sama Purba Family. oh nooo.. bonekaku bernasib sama. kadang ga cuma disembunyiin, tapi mereka pakai bonekaku jadi bola yang ditendang-tendang seenaknya. makanya, dulu aku males banget kalo harus ngumpul-ngumpul keluarga besar, soalnya aku bakal ditindas. habis.. dulu yang paling kecil aku sih.

ada lagi, dulu kelas 3, aku uda pake behel. dan parahnya, aku pake behel dijaman Betty La Fea lagi booming. dan itu jadi salah satu "bahan" mereka menganiaya aku. abang-abangku juga punya panggilan khusus buat aku, "si jenong" "si birong" "si gigi kerangkeng" dan masih banyak lagi.

tapi untungnya mama mengubah mindsetku dengan bilang kalau, "abangmu bilang gitu karena sayang sama kamu. itu caranya mereka bilang sayang ke kamu"

nah sejak itu.. aku mulai bisa ngatasi tingkah abang-abangku. misalnya..

abang" : he si birong jelek

aku : apa? birong manis? makasi loh bang. abang baik deh (gaya sok imut)

abang" : speechless. *ga jadi godain

buakakakaka sejak itu aku mulai bebas apalagi lahirlah clarissa, adik sepupuku yang kesekian yang jadi penggantiku hohohoho.

sampai sekarang sih aku masih disuruh ini itu tapi aku anggap itu wajar. itu emang tugas seorang adik toh kadang aku juga minta tolong sama mereka. dan kalau masalah diejek sih uda ga ku gubris lagi, malah sekarang aku uda punya kuasa untuk balas ngejek dan sebenarnya aku harus terima kasih sama mereka, karena tindasan mereka aku punya mental yang cukup kuat hohoho


kalo sekarang, ejekan abang uda naik lepel. uda pake bahasa batak. misalnya:

abang eja: he kau! nabirong! ngaroa! mangoluh muse! (uda itam, jelek, idup lagi)

aku: bah.. ngaca dulu lah bang kalo ngomong

bang eja: he uda berani kau ya sekarang sama abangmu

aku: berani aja lah. aku sudah punya hak untuk mengeluarkan pendapat

mama: hayo kon jaaa.. dilawan adekmu iku loh. pake bawa" hak segala

bang eja: *speechless *ngguya ngguyu dewe

hahaha aku ga pernah sakit ati lagi kalo mereka ejek aku, ya, mereka cuma bercanda kok. dari lubuk hati yang paling dalam, artinya (mungkin) "aku sayang adek ester!!" buakakakka ya, pokoknya, lup yu all brotha sista. aku masih punya tio dan clarissa yang bisa kuaniaya sekarang huakakakak

salam curhat, ester purba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar